Akhirnya Mobile Friendly


Berbekal sebungkus nasi Padang dan segelas kopi hitam dan rokok maka dimulailah misi penjelajahan pencarian harta karun bernama template blog yang mobile friendly, entahlah apa bahasa Indonesianya. Mungkin pertemanan atau keramahan yang bergerak *emotmelet*.


Baiklah sedikit review tentang mengapa ada web/blog yang mobile friendly yaitu, beralihnya user internet di segala penjuru dunia, baik dunia nyata maupun dunianya para jin, genderuwo, wewe gombel dan sebangsanya *masakiyagitu* yang beberapa tahun belakangan ini mengalami perubahan yang bisa dibilang sangat drastis sekali pakai banget. Dari user internet PC (Pakai Computer) beralih ke HP/PONSEL alias (Harga Pas) atau istilah kerennya Gadget yang bisa kita temukan para gadget mania dimana saja dan kapan saja bahkan nih kalau ada yang lagi nyidam pengennya dibeliin ponsel biar bisa selfie sama bayinya nanti kalau udah lahir. Yaiyalah...masak masih di perut mau selfie bareng, pakai USG dong yah.

Nah..kan jadi ngelantur, jadi intinya adalah dengan tampilan web/blog yang mobile friendly akan mudah dipahami, dimengerti layaknya wanita yang ingin dimanja karena akan nyaman dan nikmat dipandang mata dengan seluruh fitur yang ada seperti kalau membuka web/blog melalui PC. Seluruh halaman web/blog terus terang aja (seperti iklan lampu kelip-kelip) akan menyesuaikan dengan layar HP/PONSEL, istilahnya mah responsif dengan segala situasi dan kondisi Gadget, tapi tidak akan responsif  kalau data yang anda pakai udah saatnya INUL atau IsiiN ULang. Sementara WIFE maksud saya WIFInya mungkin tidak sedang dalam jangkauan.

Sebenarnya sih blogger  udah menyediakan fitur untuk versi mobile , udah pada tahu kan pasti. Cuma kalau versi blogger banyak sekali fitur terutama widget yang mesti di korbankan oleh pelaku ngeblog garis miring curanblog (mencurahkan perasaan lewat blog) akan hilang kalau di setting versi mobile, nggak cantik lagi dong pasti *gigitbibir*. Dan satu atau dua hal lagi adalah bagi yang monetize bloggernya Google Adsense bisa di atur secara responsif menyesuaikan layar dan jadi layak lihat serta layak klik seperti tampilan dibawah ini yang saya screenshoot dengan mode portrait orientation.


FYI, Kalau dari blogger untuk setting laman versi HP/HANDPHONE kita diminta memilih "Ya, tampilkan template selular diperangkat selular". Tapi untuk blog yang Mobile Friendly seperti yang sedang anda buka ini saya pilih "Tidak, tampilkan template selular diperangkat selular". Itulah beberapa kelebihan apabila kita menggunakan Template Blog yang Mobile Friendly. 

By the way entah kapan dimulai, beberapa waktu yang lalu blogger sudah mendirect domain dot com menjadi domain dot co dot id, katanya sih ini akan menyesuaikan di negara mana blogger dibuka lamannya. Jadi karena kita di Indonesia ya otomatis menjadi dot co dot id CMIIW. Tapi bagi yang masih pengen pakai dot com disebab karenakan belum bisa move on dari si Kokom maka dengan ditambahi script tertentu masih bisa kok, saya udah coba and trust me dong , it's work loh, cuma berakhir tidak happy ending karena saya balikin lagi seperti semula. Biarin weh mau direct kemana aja asal tetep masuk syurga, bukan begitu pemirsah...Bukaaaan!!

Dan untuk menguji kesetiaan apakah blog sudah Mobile Friendly atau belum silahkan masukkan alamat blog, alamat blog ya, bukan alamat pacar apalagi TTM  DISINI 



Do Not Miss It Posting Like This. Please Subscribe:



Related Articles: