Apakah Kita Sudah Bahagia?

Catatan Kecil Akhir Tahun 2012


Apakah sebenarnya ukuran kebahagiaan, rumah megah, harta yang berlimpah dengan deposito milyaran atau apa? Saya yakin ketika kita tanyakan kepada setiap orang jawabannya akan berbeda-beda, tergantung situasi dan kondisi masing-masing individu. Hidup bahagia adalah impian besar kita semua dan menjadi prioritas dalam setiap kondisi juga pekerjaan pada kurun waktu yang lama. Dan  itu adalah salah satu bagian. Tetapi bagian lain dari kebahagiaan di sini dapat kita awali dan amati dengan cara yang kecil yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Saya berharap akan menemukan sesuatu di sini yang mungkin berguna untuk membuat hidup kita lebih baik dan bisa di praktekkan, itupun kalau yang membaca ini setuju :).

Selalulah berbuat baik dalam hal kecil. Membukakan pintu sebuah mini market atau menahan lift untuk orang lain yang bersama kita meski itu orang asing.  Biarkan saja saat seseorang mengambil jalur kita saat membawa kendaraan. Bukan hanya karena berkecenderungan supaya kita mendapatkan imbal balik dari apa yang sudah kita lakukan. Tapi untuk kebaikan diri sendiri juga, hal-hal kecil seperti ini akan membuat nyaman diri sendiri.

Menghargai orang lain. Ada banyak hal yang membuat kita tertawa yang cenderung mengejek atau membully orang lain, baik di kehidupan nyata maupun dalam social media. Nah, banyak dari kita seperti itu, ayo yang suka seperti itu ngacung!!

Meminimalisir waktu yang biasa kita habiskan dengan orang yang selalu negatif dalam hidup, baik perilaku maupun pikiran. Sesegera mungkin pindah jalur dan tancap gas untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang yang positif, bisa dari pergaulan, buku, nonton acara TV yang inspiratif, ngobrol dengan orang yang punya hobby sama, dll.

Meminimalisir pengaruh media yang buruk dalam hidup, ini bisa dari berita di TV, koran, majalah, blog atau website juga social media seperti  facebook, twitter. Mau tidak mau kita sedang menghadapi wabah bernama dari internet, dunia ada di ujung jari, banyak hal bisa kita dapat. Tapi kita mesti pintar-pintar menfilter, sekiranya itu buruk buat kita, ada bagusnya segera ganti chanel/topik.

Jika ada janjian atau pertemuan, datang saja 5 atau 10 menit lebih awal. Ngomongin jam karet, setiap orang pasti pernah denger ini, atau bahkan sering melakukan??.Zona Nyaman. Bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja atau pengin sesuatu yang beda, semisal tentang genre musik, kalau kita suka rock tak ada salahnya kan kita coba denger musik dangdut, klasik dll. Mencoba hal tak biasa tapi membuat kita senang, nyaman bisa bergoyang asolole, kenapa tidak?.

Move On dan melepaskan sesuatu yang buruk dari masa lalu. Konflik lama yang membuat kita merasa disepelekan atau bersalah kepada seseorang dapat menguras pikiran, energi dan waktu. Tapi kehidupan terjadi sekarang, pada saat, hari dan detik ini. Jadi berhenti menyakiti diri kita sendiri dan harus menerima bahwa apa yang kita hadapi adalah di masa sekarang. Segeralah untuk mengurangi segala hal yang membuat memori kita penuh dengan kejadian di masa lalu. Dan menerima bahwa kita perlu dan harus untuk terus menjalani hidup. Kita yang punya kendali sepenuhnya sekarang, bahwa kenangan yang buruk harus lenyap lalu membiarkannya pergi.

Menjadi lebih cerdas dan lebih tinggi. Jangan menjadi seperti yang orang-orang biasa lakukan, namun selalu paham bahwa segala sesuatu akan membawa konsekwensi dan dampak bagi orang lain yang apalagi tidak suka dengan keberadaan kita.

Berbuat baik kepada diri sendiri. Ketika kita membuat kesalahan atau gagal tidak bisa memperlakukan diri dan hati dengan baik lalu berbuat brengsek. Instrospeksilah,  bahwa ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi kehidupan yang akan datang dan terus saja berjalan, sapa matahari  dengan senyum yang mengembang.

Menghargai diri sendiri. Luangkan saja lima menit malam ini dengan memikirkan apa yang sudah kita lakukan seharian ini atau tulislah dalam sebuah catatan hal apa yang sekiranya dapat merubah hari  ini agar menjadi  lebih baik untuk kehidupan juga keluarga yang kita sayangi.

Positif Thingking. Tidak semua yang kita lakukan akan dianggap baik oleh orang lain meski sudah kita lakukan sesuai kaidah yang berlaku, tapi berlapang dadalah, senyum dan doakan saja, hidup ini simple.

Mengeluh itu sepertinya memang hal yang biasa, hanya harus dipahami layakkah kita mengeluh sementara mungkin di tempat lain banyak orang yang tidak seberuntung kita.

Bersedekahlah, dan sedekah yang paling murah adalah tersenyum.Satu hal yang mungkin telah sering dilupakan adalah membaca kitab suci, siapapun kita dan agamanya apa, ada baiknya memang rutin membaca dan memahami kitab suci.


Begitulah kira - kira apa yang bisa kita lakukan, untuk selanjutnya terserah kepada diri kita sendiri, apakah yang kiranya bisa membuat hidup kita selalu riang untuk mencapai arti kebahagiaan, tentunya masing - masing punya formula sendiri untuk mendapatkannya.

Kutipan: 
"Most people are about as happy as they make up their minds to be". Abraham Lincoln
"Ketika satu pintu menutup kebahagiaan, yang lain akan terbuka, tetapi sering kita melihat begitu lama pada pintu yang tertutup sehingga kita tidak melihat salah satu yang telah dibuka untuk kita". Helen Keller
"Berterima kasihlah kepada orang-orang yang membuat kita bahagia, mereka adalah tukang kebun menawan yang membuat mekar jiwa kita". Marcel Proust.

Akhir kata Selamat Tahun Baru 2013, semoga di tahun yang baru ini akan membawa kebahagiaan lahir dan bathin dalam kehidupan kita semua, amin...

Do Not Miss It Posting Like This. Please Subscribe:



Related Articles: